Kunci Keberhasilan Kerjasama Team

Tidak dapat di pungkiri, ada beberapa orang lebih menikmati kerja tanpa orang lain. Kadang menyelesaikan pekerjaan sendiri bisa lebih bisa memenuhi kriteria seperti yang di harapkan. Akan tetapi tidak selamanya kita akan bekerja sendirian, kadang kala kita membutuhkan orang lain dalam melakukan suatu pekerjaan. Sehingga suatu saat kita pasti akan di hadapkan dalam satu kenyataan yang mengharuskan bekerja dalam satu team. Disini kita dituntut untuk bekerja sama dengan team untuk mencapai satu keberhasilan. Dan mencapai keberhasilan bekerja bersama team adalah adanya sebuah kekompakan dalam bekerja. Ada beberapa kunci yang perlu di pegang untuk memperoleh keberhasilan dalam bekerjasama team yang diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Menyamakan pandangan
Visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai harus disamakan antar anggota kelompok. Jangan sampai perbedaan pendapat di biarkan saja dan berlarut-larut. Usahakan untuk terus melakukan brainstorming agar kesepakatan bersama dapat tercapai.
2. Pembagian tugas
Pembagian tugas harus jelas agar masing-masing anggota tahu kewajibannnya. Sehingga tidak ada salah satu anggota yang merasa lebih banyak pekerjaannya daripada yang lainnya. Dengan adanya pembagian kerja ini pekerjaan bisa menjadi lebih ringan dan cepat terselesaikan, sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan komitmen dalam diri masing-masing sehingga tidak ada yang mangkir.
3. Toleransi
Ingatlah bahwa dimanapun kita berada, tidak akan pernah menemukan orang yang akan terus sejalan, sependapat, dan berfikiran sama dengan kita. Jangan berfikir terlalu egois atau selalu ingin mendominasi teman dalam satu team, karena dapat memperburuk kinerja didalam satu team.
Dengan bertoleransi, hubungan antar rekan dalam team dapat lebih akrab, kekeluargaan dan kompak yang berimbas kepada kualitas hasil pekerjaan.
4. Hindari Konflik
Dalam hubungan antar sesama manusia, terjadi konflik adalah suatu hal yang wajar. Tapi bagaimana sikap kita untuk mengolah suatu konflik tersebut itulah yang harus menjadi pertimbangan. Apabila terjadi konflik sesame teman dalam satu team sebaiknya segera di selesaikan dengan baik-baik dan berfikir yang positif. Karena bila kita biarkan dapat menimbulkan efek yang negatife yang mempengaruhi hasil kerja bersam team. Bersikaplah selalu terbuka dan bicarakan masalah tersebut kepada rekan yang bersangkutan. Bersikap professional dengan tidak menggosip di belakangnya, karena hal ini tidak akan menyelesaikan masalah, justru malah akan semakin menambah keruh permasalahan yang ada. Sebaiknya kita pisahkan hubungan pertemanan dengan hubungan pekerjaan. Bila kita merasa tidak suka dengan cara kerjany bukan berarti tidak berteman dengannya lagi bukan..??
5. Kepemimpinan
Di dalam sebuah team tetap di butuhkan seorang pemimpin yang mampu menjadi motivator dan membangun suasana kerja yang kondusif. Pilihlah seorang pemimpin yang bijaksana dan dapat berfikir jernih serta bertanggung jawab.
Semoga kelima kunci keberhasilan dalam bekerja bersama tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan kinerja dan pekerjaan kita selalu sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: